x

Happy New Year 2012

-

    DOWNLOAD AUDIO

Setiap datangnya tahun baru, kita semua berharap agar di tahun yang akan dijalani nanti membawa kemajuan di semua bidang. Adalah wajar setiap manusia bercita-cita untuk mendapatkan kemajuan, mendapatkan kabahagiaan dalam hidupnya. Sebagai umat Buddha, tentu memahami bahwa kehidupan selalu berubah.

Kita semua berharap agar mendapatkan perubahan yang meningkat, bukan sebaliknya perubahan yang menurun. Di bidang usaha semua telah mengenal salah satu cara agar usaha kita terjamin dari bencana seperti kebakaran, banjir atau bencana alam yang lain yaitu dengan memiliki ”polis asuransi” yang bisa mengganti bilamana terjadi hal yang tak diinginkan. Tentu saja mengambil polis asuransi dimulai dengan membayar iuran dan mentaati peraturannya. Bilamana terjadi hal yang diasuransikan, kita mendapat penggantian, sehingga usaha tidak sampai bangkrut, kadang kala juga bisa menambah usaha kita. Karena itu menjadi nasabah perusahaan asuransi dewasa ini merupakan cara menjamin usaha kita.

Akan tetapi dewasa ini belum ada ”polis asuransi” yang menjamin keselamatan dan kebahagiaan. Karena untuk memperoleh keselamatan dan kebahagiaan sangat tergantung pada sikap dan tingkah laku. Siapa yang mau menjamin sikap dan tingkah laku seseorang, selain dirinya sendiri.

Hanya ”Polis Asuransi Dhamma” yang bisa menjamin keselamatan dan kebahagiaan seseorang, bukan saja dalam kehidupan sekarang tetapi sampai dalam kehidupan selanjutnya. Hal ini telah dibuktikan oleh  Guru Agung  kita sejak terlahir sebagai petapa Sumedha sampai tercapainya tingkat kebuddhaan. Semua adalah hasil mengumpulkan paramita sebagai iuran ”polis asuransi Dhamma” yang Beliau miliki. Kalau asuransi duniawi harus membayar iuran secara tetap, maka asuransi Dhamma juga ada iurannya yang tidak boleh nunggak bayarnya. Hanya iurannya bisa dengan berbagai cara, melaksanakan: dana terus-menerus (abhinaṁ deti), memiliki sila (mengembangkan hiri dan ottappa) dan melatih samadhi (bhavana).

Bilamana dana, sila, dan bhavana dilaksanakan terus-menerus dengan tekun dan bersemangat, maka dimanapun kita hidup, kita akan selalu terlindung dari mara bahaya dan mendapatkan kebahagiaan. Bahkan, bilamana kita terlahir lagi setelah hancurnya jasmani ini, kita juga terjamin oleh “asuransi Dhamma” yang dimiliki. Dalam Dhammapada 168 dinyatakan: dhammacārī sukhaṁ seti, asmiṁ loke paramiccati, mereka yang praktik Dhamma akan berbahagia sekarang dan juga dalam kehidupan yang  selanjutnya.

Oleh karena itu, bila kita ingin mendapat kemajuan di tahun 2012 ini, marilah kita di samping memiliki polis asuransi usaha, juga jangan lupa menjadi nasabah polis asuransi  Dhamma.

SELAMAT TAHUN BARU 
1 JANUARI 2012

Dibaca : 2116 kali