x

PENTINGNYA KESEHATAN

Ārogyaparamā lābhā, Santuṭṭhiparamaṁ dhanaṁ
Vissāsaparamā ñātī, Nibbānaṁ paramaṁ sukhaṁ.
Kesehatan adalah keuntungan yang paling besar, 
Kepuasan adalah kekayaan yang paling berharga,
Kepercayaan adalah saudara yang paling baik, 
Nibbana adalah kebahagiaan tertinggi.
(Dhammapada 204)

    DOWNLOAD AUDIO

Kesehatan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan dan kesehatan ini juga dikatakan hal yang paling menguntungkan melebihi apapun seperti, harta, kedudukan, memiliki pengikut itu semua tidak sebanding harganya dengan kesehatan. Karena ketika seseorang sakit, meskipun memiliki banyak harta, tidak dapat menikmatinya dengan bahagia. Bahkan akan menghabiskan sebegitu banyak hartanya untuk biaya pengobatan. Ketika seseorang sakit, kedudukan maupun pengikutnya tidak dapat membuatnya bahagia. Sakit membuatnya menjadi tidak merasakan kenyamanan dan merasakan serba menderita. Meskipun terdapat banyak makanan dan minuman yang serba enak, tidak dapat menikmati makanan dan minuman tersebut, seperti saat masih memiliki kesehatan. Badan yang tadinya gagah perkasa menjadi lemah tidak berdaya dan tidak mempunyai kekuatan sedikitpun. Oleh karena itu, betapa bahagianya orang yang memiliki kesehatan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kesehatan. Tidak salah syair Dhammapada mengatakan kesehatan adalah kekayaan yang paling berharga. Tetapi, ketika memiliki kesehatan banyak orang tidak menghargai dan menjaga kesehatannya sendiri, orang tidak pernah memikirkan bagaimana menjaga kesehatan agar tetap optimal, kecenderungan mereka hidup dengan gaya hidup yang tidak sehat, makanan yang tidak sesuai dan tidak boleh dikonsumsi, tetapi makanan tersebut tetap  dikonsumsi dan ini lah yang menyebabkan terganggunya kesehatan, di smping itu juga tidak menyediakan waktu buat istirahat yang cukup, terlalu memaksakan diri dalam berkerja serta tidak sering berolahraga.

Maka dari itu hal yang terpenting saat ini ialah kesehatan karena kesehatan merupakan keuntungan yang paling tinggi dan besar. Selama ini banyak orang berpandangan salah bahwa keuntungan terbesar adalah mendapatkan kekayaan materi yang melimpah. Secara Dhamma keuntungan terbesar bukan materi dan hal yang harus diingat bahwa sifat materi adalah tidak kekal atau berubah. Dalam Aṅguttara Nikāya V, Pañcakanipatapali, Sang Buddha memberikan lima cara yang dikenal dengan istilah Āyussa Dhamma, yang akan menjamin kesehatan batin dan jasmani dan mengkondisikan timbulnya suatu kebahagiaan dalam hidup.
1.Sappāyakari yaitu mengetahui cara menyenangkan atau menenangkan batin, membuat batin senantiasa menjadi santai dan tidak tegang atau pun terganggu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Dikarenakan batin ini sangat berpengaruh sekali bagi kesehatan ketika kita bisa menjaga dan mengelola batin ini dengan baik maka kesehatan akan tetep terjaga dengan baik, tetapi sebaliknya kalau seandainya tidak bisa menjaga dan mengelola batin dengan sebaik mungkin maka kesehatan sulit untuk didapatkan dan kesehatan akan terganggu yang nantinya menyebabkan rasa sakit.
2.Sappāye Mattaññuta yaitu mengetahui cara memilih atau menyaring keinginan, tidak semua keinginan harus dituruti. Ada dua jenis keinginan diantaranya keinginan yang bersifat negatif dan keinginan positif. Keinginan negatif ini biasanya tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki selalu ingin dan ingin. Sedangkan yang positif ini bisa dikatakan yang memang sedang dibutuhkan atau lagi perlu makanya harus didapatkan
3.Pariṇatabhojji yaitu mengetahui makanan dan minuman yang sesuai. Jika memiliki suatu penyakit yang dikatakan penyakit membahayakan, maka harus menjaga pola makan supaya penyakit yang ada tidak semakin parah. Tujuan makan sejatinya bukan untuk kesenangan tetapi untuk menjaga berlangsungnya tubuh ini, di mana yang namanya penyakit menimbulkan penderitaan dan serba tidak mengenakkan.
4.Kālacari yaitu mengetahui cara mempergunakan waktu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai waktu mengatur keseharian yang kita jalani, tetapi kita sendiri yang bisa mengatur waktu dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan.
5.Brahmacāri yaitu mengetahui cara mengendalikan nafsu indria yang muncul dan menyelimuti keinginan untuk terus mengejar dan mendapatkan apa yang diinginkan yang terpenting pada saat ini bisa menerima apa yang dimiliki dan memiliki kepuasan di dalam diri sendiri agar tidak melakukan cara yang salah demi kepuasan nafsu terlebih lagi kalau sampai melakukan pelanggaran sila.

Inilah lima cara yang menjamin kesehatan menjadi lebih baik, baik batin maupun jasmani. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami di kehidupan sehari-hari. 
Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia.

Sumber
-Aṅguttara Nikāya: Kitab suci Agama Buddha, Dhammacitta press. 2012
-Dhammapada: The Buddha’s Path of Wisdom. Bahussuta Society. 2012

Dibaca : 4256 kali