x

Memiliki Kekuatan Menghadapi Problem Hidup

Uttiṭṭhe nappamajjeyya, dhammaṁ sucaritaṁ care.
Dhammacārī sukhaṁ seti, asmiṁ loke paramhi ca'ti.

Bangun! Jangan lengah! Tempuhlah kehidupan benar.
Barang siapa menempuh kehidupan benar, maka ia akan hidup bahagia
di dunia ini maupun di dunia berikutnya.
( Dhammapada syair 168 )

    DOWNLOAD AUDIO

Setiap kehidupan pasti tidak terlepas dari yang namanya problem atau masalah, baik masalah yang disengaja maupun yang tidak disengaja dan hal ini setiap orang pasti pernah mendapatkan masalah bukan cuma perorang saja, tapi kepada banyak orang. Jadi tidak heran kalau kita sendiri ditimpa oleh masalah. Ketika ditimpa oleh masalah kebanyakan orang tidak sanggup dan tidak siap menerima cobaan ini bahkan tidak sedikit yang kita temukan orang-orang yang terkena atau terdampak masalah langsung jatuh sakit, stress hingga sampai bunuh diri saking tidak sanggupnya menerima masalah yang dihadapi. Kalau sudah sampai sakit, stress bahkan sampai bunuh diri apakah masalah tersebut bisa terselesikan? Tidak, melainkan malah membuat masalah baru. Oleh sebab itu ketika kita ditimpa oleh masalah sekecil apapun jangan sampai diremehkan bahkan dibiarkan begitu saja, melainkan harus segera untuk diselesaikan sebelum masalah itu menjadi besar dan ketika ditimpa oleh masalah hendaknya harus mencari solusi atau jalan keluarnya bukan malah lari, lari di sini dalam artian tidak mau menyelesaikan masalah dan hal semacam ini akan berdampak fatal dalam kehidupan, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan pasti ada solusinya yang terpenting harus memiliki kekuatan menerima dan kuat menghadapi masalah tersebut pasti bisa terselesaikan.

Dalam Aṅguttara Nikāya V, Pañcakanipāta, Sang Buddha menyampaikan tentang lima kekuatan (pañcabala) yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengatasi masalah. Dengan memiliki kelima kekuatan ini, maka ketika ada problem atau masalah yang muncul, tidak akan sampai menderita. Bahkan, Pañcabala ini ketika dipraktikkan dengan cara yang benar bisa mencapai tujuan hidup yang ingin dicita-citakan agar terbebas dari penderitaan.
1.Saddhābala (kekuatan ke-yakinan). Sebagai manusia hendaknya harus bisa menumbuhkan keyakinan dalam diri. Karena kekuatan keyakinan ini yang akan menjadi kekuatan penggerak yang menggerakkan kita untuk mau melakukan sesuatu, untuk mau berjuang, dan mau melangkah untuk menyelesaikan persoalan atau masalah yang dihadapi. Apabila kekuatan keyakinan ini sudah kita tumbuhkan di dalam diri dijamin masalah apa pun yang menimpa akan segera bisa diselesikan kerena sudah memiliki keyakinan yang kuat dan memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
2.Viriyabala (Kekuatan Semangat) kekuatan semangat ini diibaratkan sebagai pendukung yang sangat diperlukan untuk mendukung kekuatan keyakinan yang sudah ada. Karena kekuatan semangat ini bisa menunjang untuk terus berjuang untuk menghadapi masalah yang diterima dengan semangat yang dimiliki akan lebih gigih lagi dan tidak lengah dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan demikian akan lebih cepat menemukan  solusinya dalam menyelesikan masalah tersebut.
3.Satibala (Kekuatan Perhatian) kekuatan perhatian ini sangat perlu ditekankan, terlebih dalam menghadapi suatu masalah, jangan sampai muncul atau timbul masalah baru karena kurangnya perhatian yang dimiliki, maka dari itu kekuatan perhatian ini harus benar-benar diterapkan dalam hidup agar bisa terhindar dari marabahaya. Di mana pun harus tetap dikembangkan agar masalah-masalah sekecil apa pun terhindar dari hidup.
4.Samādhibala (Kekuatan Konsentrasi). Dengan kekuatan konsentrasi, seseorang akan tetap fokus dalam menghadapi suatu masalah dan bisa memberikan jalan pemikiran yang jernih agar permasalahan tersebut segera terselesaikan selain itu juga dengan kekuatan konsentrasi ini tidak sampai memicu persoalan-persoalan yang baru yang dapat menambah beban karena kalau sudah memiliki kekuatan konsentrasi ini segala pemikiran, ucapan, dan tindakan pun akan terkendali dan senantiasa melakukan hal yang baik.
5.Paññābala (Kekuatan Kebijaksanaan). Kekuatan kebijaksanaan ini harus benar-benar ditempatkan pada hal yang sesuai, terlebih ketika menghadapi suatu masalah, ini sangat penting dimunculkan dalam diri karena kekuatan kebijaksanaan ini mengetahui jalan atau solusi untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi, tanpa kebijaksanaan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah, maka semakin sulit, tapi dengan kebijaksanaan yang dimiliki, maka akan lebih mudah untuk bisa mengakhiri masalah yang dihadapi.

Inilah lima kekuatan yang harus ditumbuhkan dan diterapkan dalam diri agar senantiasa memiliki kekuatan dalam menghadapi problem atau masalah hidup. Ketika memiliki kelima hal ini,  maka tidak larut dalam menghadapi masalah yang menimpa.
Semoga semua makhluk berbahagia.

Dibaca : 737 kali