x

HUT Ke-27 SIMA Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya

“Māvamaññetha puññassa, na maṁ taṁ āgamissati
Udabindunipātena, udakumbhopi pūrati
pūrati dhῑro puññassa, thokaṁ thokampi ācinaṁ”

Janganlah meremehkan kebajikan walaupun kecil, dengan berkata: “Perbuatan bajik tidak akan membawa akibat” Bagaikan sebuah tempayan akan terisi penuh oleh air yang dijatuhkan setetes demi setetes, demikian pula orang bijaksana sedikit demi sedikit memenuhi dirinya dengan kebajikan. (Dhammapada 122)

    DOWNLOAD AUDIO

Kembali hari ini kita bersama memperingati HUT Ke-27 SIMA VJDJ, Semoga kita semua bahagia dalam Dhamma Guru Agung Buddha Gotama. 
Berbeda dengan peringatan-peringatan tahun yang lalu, tahun ini memiliki keistimewaan, karena kita semua mendapat tugas besar yaitu untuk menyelesaikan bangunan 10 lantai yang IMB sudah keluar.
Membangun bangunan ini, memang tidak mudah dan cepat selesai. Maka kita, terutama panitia harus memiliki Khanti Adivasena, mental tahan banting dan penuh kesabaran.
Tanpa bermodal kesabaran, suatu usaha apapun tidak akan berhasil. Maka sebagai umat Buddha, kita harus siap mental dan berpedoman pada Dhamma : 
1.    Khanti, yaitu kesabaran dalam suatu usaha yang walaupun lama dikerjakan jangan pernah putus asa. Kadangkala banyak kendala yang harus diatasi. Karena itu Khanti Adivasena juga merupakan kesabaran disertai tahan banting, tidak mengeluh, tapi kerja keras. Ada peribahasa  kuno, bahwa ‘kegagalan merupakan juga awal keberhasilan’.
2.    Viriya, semangat yang didasari oleh adanya keyakinan (Saddha) yang kuat, karena cita-cita luhur dan mulia. Walaupun memerlukan waktu lama, cita-cita jangan pernah kandas. Bukankah pohon yang mahal buahnya, membutuhkan waktu tumbuh yang lama. Contoh yang paling nyata adalah perjuangan Pangeran Siddhattha dalam mencapai pencerahan untuk menjadi Sammāsambuddha. Beliau berjuang tanpa pernah putus asa, walaupun Beliau belum tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai cita-citanya.
Karena itu mari kita bersama mengawali perjuangan membantu Panitia untuk membangun Gedung Megah 10 lantai ini. Kita bisa membantu Dana Paramita sesuai kesanggupan masing-masing. Tetapi yang perlu diingat hal ini tentunya harus terus-menerus dilakukan.
Dhamma menjelaskan kebajikan yang kecil bila terus-menerus dilakukan, seperti tempayan yang akan terisi penuh oleh air yang dijatuhkan setetes demi setetes.

Selamat HUT Ke-27 SIMA VJDJ, Semoga Tiratana memberkati.

Dibaca : 2680 kali