x

Bahayanya Minuman Keras

Surāmerayapānañ ca, yo naro anuyuñjati
Idhevameso lokasmiṁ, mūlaṁ khaṇate attano

Orang yang menyerah pada minuman yang memabukkan, maka di dunia ini
orang seperti itu seakan menggali kubur bagi dirinya sendiri.
(Dhammapada 247)

    DOWNLOAD AUDIO

Dalam kehidupan sekarang ini kita sering melihat gaya hidup anak-anak muda yang senang berhura-hura, salah satunya adalah suka minum minuman keras. Memang meminum minuman keras ini bagi anak muda merupakan suatu hal yang sering dilakukan, karena menurut pandangan mereka, dengan berpesta minuman keras mereka dapat menunjukkan jati diri mereka, mereka merasa bangga, senang, hebat, kuat, dan jantan. Bagi seorang laki-laki yang tidak melakukan ini dikatakan sebagai banci, pengecut, dan tidak memiliki keberanian.

Biasanya minuman keras sering menjadi pesta kawula muda pada hari-hari raya untuk menyambut akhir tahun. Mereka merasa puas kalau sudah meminum minuman keras, yang penting bagi mereka bisa senang dan gembira. Sifat anak muda kalau ia belum merasakan sesuatu yang berbahaya, mula-mula ingin melihat, lalu ingin tahu. Setelah tahu ingin coba-coba, setelah coba-coba ketagihan. Jadi kalau sudah ketagihan begini, ia akan ketergantungan terhadap minuman keras. Akibatnya bukan menyelesaikan masalah malah membawa banyak masalah. Kalau sudah begini siapa yang dirugikan? Tentunya ia sendiri yang menderita kerugian dan juga orang lain.

Di Indonesia ada berbagai macam merk minuman keras yang beredar bebas di pasaran, baik supermarket besar maupun di warung-warung kecil. Sebenarnya, akibat minuman keras pada kesehatan sudah banyak diketahui orang. Tetapi tetap saja ada konsumen yang mencari-cari minuman memabukkan yang satu itu.

Apakah Minuman Keras Itu?
Minuman keras atau sering disebut sebagai minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung zat etanol. Etanol adalah zat/bahan yang bila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran konsumennya (mabuk). Minuman keras ini akan menyerang saraf otak manusia dan merusaknya secara perlahan. Yang lebih parah adalah minuman keras ini memiliki zat adiktif, yaitu zat yang apabila dikonsumsi akan membuat orang tersebut merasa ingin terus mengkonsumsinya dan akhirnya malah merasa bergantung pada minuman keras.

Akibat Minuman Keras 
Dari kandungan minuman yang tidak baik, Anda pasti sudah bisa mengira-ngira kerugian apa saja yang akan timbul apabila mengkonsumsinya. Efek paling berbahaya ditujukan pada kesehatan tubuh.
1.    Kerusakan saraf
Meminum minuman keras tidak hanya memabukkan, bila diminum secara rutin dalam jumlah yang banyak, akan mulai mengganggu kinerja saraf otak lalu merusaknya secara perlahan. Akibatnya, manusia kehilangan kesadaran, keseimbangan dan akal sehatnya. Bahkan, jika diminum sampai over dosis akan menyebabkan kematian. 
2.    Gangguan jantung 
Minuman keras mempunyai kemampuan merusak sel-sel tubuh, termasuk organ jantung. Akibatnya kinerja jantung pun akan terganggu dan tidak optimal. Gejala yang paling banyak dirasakan adalah detak jantung terasa cepat dan saat jantung mulai melemah, dada akan terasa sesak, nafas juga seperti tersumbat. Hal ini jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kematian.  
3.    Mengganggu metabolisme tubuh
Minuman keras juga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Salah satu organ yang paling banyak dirusak adalah hati. Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Bila rusak, tentu saja racun di dalam tubuh akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan memburuk.
4.    Menyebabkan gangguan pada ibu hamil 
Orang biasa saja tidak boleh meminum minuman beralkohol, apalagi wanita yang tengah hamil. Bila ibu hamil mengkonsumsi minuman ini, yang terjadi selanjutnya adalah bayinya akan lahir cacat. Janin menerima nutrisi dari apa yang dikonsumsi ibunya. Bila ibu hamil meminum minuman keras, alkohol ini akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Alkohol akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga janin akan rusak dan terlahir cacat.
5.    Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)
Meminum minuman keras akan menyebabkan serangkaian gangguan seksual, misalnya turunnya gairah seks, atau impoten pada pria.
6.    Gangguan jiwa 
Yang dimaksud gangguan jiwa bukan berarti menjadi gila, walau tidak menutup kemungkinan bahwa seorang alkoholik bisa saja menjadi tidak waras. Gangguan kejiwaan pada alkoholik adalah turunnya tingkat sosialisasi, menjadi lebih pendiam, selalu ketakutan, gelisah, konsentrasi menurun, emosional dan mudah tersinggung.
7.    Kemiskinan 
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu akibat meminum minuman keras adalah kemiskinan. Bagaimana tidak? Seseorang yang minum alkohol akan kecanduan, mau tidak mau ia akan terus membeli minuman itu. Akibatnya, uang akan semakin menipis, sedangkan pekerjaannya mungkin akan terbengkalai sehingga ia tidak bisa menghasilkan uang dan dapat menderita kemiskinan.

Dalam Sῑgalovāda Sutta, Dῑgha Nikāya, Sang Buddha menerangkan tentang enam bahaya bagi orang yang ketagihan minuman keras.
1.    Harta akan habis
Cobalah Anda lihat dalam kehidupan ini, bagaimana orang yang suka minuman keras uangnya boros. Mengapa? Karena minuman keras ini harganya sangat mahal. Tetapi meskipun harganya mahal sekalipun, bagi mereka tidak masalah yang penting bisa minum. Oleh karena itu, walaupun banyak harta, lama-lama hartanya akan habis.  
2.    Sering bertengkar dengan orang lain
Orang yang suka minuman keras biasanya suka bertengkar dengan orang lain, hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi si peminumnya. Bahkan masalah sepele saja bisa menimbulkan pertengkaran, bahkan pembunuhan. Karena minuman keras ini dapat membuat orang lupa segalanya. Orang yang suka minuman keras gampang sekali untuk marah terhadap siapa saja tanpa pandang bulu. 
3.    Mudah terserang penyakit
Sudah barang tentu orang yang suka minum minuman keras dapat merusak kesehatan badan jasmani, karena minuman keras ini mengandung zat etanol yaitu zat/bahan yang apabila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran bagi si peminumnya dan juga merusak sel-sel tubuh manusia, jantung, hati, dsb.
4.    Watak baik akan hilang
Kita sering mendengar bahkan melihat sendiri bahwa banyak sekali di antara orang-orang yang semula berwatak baik, setelah ia mencoba minuman keras kini ia berubah menjadi beringas, jahat dan kejam sekali. Karena minuman keras ini dapat membuat lupa daratan bagi orang yang meminumnya dan ia juga tidak lagi mempunyai perasaan malu berbuat jahat. Ia juga dapat melakukan apa saja demi memuaskan kebutuhannya, karena itulah watak baik menjadi hilang akibat pengaruh minuman keras.
5.    Menampakkan diri secara tidak pantas
Biasanya orang yang suka minuman keras ini sering sekali menampakkan diri secara tidak pantas, artinya ia sering sekali berasa di tempat-tempat hiburan yang banyak dikunjungi oleh orang-orang jahat. Ia juga sering berkeluyuran pada waktu larut malam. Bila siang hari ia tidak menampakkan dirinya, ia sering keluar rumah pada waktu  yang tidak tepat. 
6.    Kecerdasan menurun
Ada orang yang tadinya pintar menurun kecerdasannya, ini dikarenakan suka meminum minuman keras. Minuman keras ini di samping membahayakan bagi kesehatan tubuh, juga membahayakan bagi kecerdasan otak manusia. Di antaranya mengurangi daya ingat, suka pelupa, pikiran menjadi buntu. Untuk itu hindari minuman keras ini mengingat besar sekali bahayanya bagi keselamatan hidup manusia. Maka dari itu, bagi orang-orang yang mengerti akibat bahayanya dari minum minuman keras, ia selalu menghindari/menjauhi minuman keras. Minuman keras ini juga merupakan sumber dari kejahatan, penderitaan, dan kemerosotan moral. Oleh karena itu, agar tubuh tetap sehat dan kuat hindarilah minuman keras, sehingga kehidupan kita selalu bahagia.

Sumber : Sῑgalovāda Sutta, Dῑgha Nikāya

Dibaca : 6986 kali