x

Teknologi & Kekhawatiran

Yo ca vassasataṁ jῑve duppañño asamāhito,
ekāhaṁ jῑvitaṁ seyyo paññavantassa jhāyino’ti.

Daripada hidup selama seratus tahun yang penuh dengan perbuatan tidak bijaksana dan pikiran yang tidak terkendali,
lebih baik hidup satu hari yang penuh dengan kebijaksanaan 
dan pikiran yang terkendali.
(Dhammapada 111)

    DOWNLOAD AUDIO

Pada era teknologi saat ini, hidup kita sebagai manusia semakin mudah dijalani. Beragam alat dan penemuan modern bisa dengan mudah ditemukan di kota-kota. Bahkan dengan kemajuan teknologi, jenis-jenis yang ditawarkan juga tersedia beraneka ragam. Mereka yang tertarik dapat memilih sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Ini membuat teknologi tersebar luas dan terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. 
Sekarang ini, umumnya hampir semua orang sudah pernah merasakan kegunaan teknologi dalam hidupnya sehari-hari melalui alat-alat seperti radio, televisi, handphone, dan lain-lain. Tetapi selain manfaat kemudahan yang diperoleh dari teknologi, adakah pengaruh lain yang menyertainya? 
Dengan teknologi dan kemudahan yang ada, entah mengapa sebaliknya tingkat kekhawatiran bukannya turun, malah makin bertambah. Banyak yang mengatakan hidup di desa malah lebih damai, lebih tak banyak kekhawatiran daripada orang-orang yang hidup di kota. Apakah ini karena pengaruh penggunaan teknologi?
Dalam ajaran Sang Guru, istilah Palibodha menjelaskan tentang hal ini.  Palibodha adalah macam-macam gangguan, yang membuat batin gelisah dan tidak mampu berkonsentrasi memusatkan pikiran pada peristiwa yang sedang dihadapi.
Seluruhnya Palibodha ada 10 buah, yaitu:
1.    Āvāsa-palibodha: Khawatir akan tempat tinggal.
2.    Kula-palibodha: Khawatir akan pembantu/bawahan, dan akan orang yang bertanggung jawab. 
3.    Lābha-palibodha: Khawatir akan keuntungan yang telah diperoleh.
4.    Gaõa-palibodha: Khawatir akan murid dan teman.
5.    Kamma-palibodha: Khawatir akan pekerjaan yang tertinggal.
6.    Addhāna-palibodha: Khawatir akan perjalanan jauh.
7.    Ñāti-palibodha: Khawatir akan orang tua, keluarga, saudara dan famili.
8.    Ābādha-palibodha: Khawatir akan timbulnya penyakit.
9.    Gantha-palibodha: Khawatir akan pelajaran.
10.    Iddhi-palibodha: Khawatir akan macam kekuatan magis yang dipertunjukkan, takut akan kemerosotan kekuatannya tersebut.

Dari penjelasan tentang 10 jenis palibodha di atas, terlihat bahwa kemajuan teknologi memang ada kaitannya dengan meningkatnya kecemasan hidup seseorang. Jaman modern sekarang ini membuat hidup seseorang menjadi lebih sibuk. Berkat kemudahan teknologi, suatu kegiatan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Masyarakat menjadi punya lebih banyak untuk dihabiskan dalam kegiatan/pekerjaan lain, dalam pelajaran maupun dalam mencari kesenangan. 
Dunia terasa serba dekat dan terjangkau. Tentu saja ini akan meningkatkan kekhawatiran seseorang karena yang dapat dikhawatirkan pun bertambah jumlahnya. Tetapi perlu kita ingat bahwa kekhawatiran timbul tergantung pada pikiran kita sendiri, bukannya disebabkan oleh kemajuan teknologi. 
Jika seseorang mampu melatih dirinya hanya menghadapi hal-hal tersebut satu per satu, sesuai momen/peristiwa yang sedang terjadi (saat ini), maka jumlah kegiatan yang dikerjakan tetap hanya tetap satu buah. Sebanyak apa pun kegiatan yang dilakukan, jika seseorang menyelesaikannya satu per satu, jelas tidak akan membuat kekhawatiran muncul dan berkembang. 
Hidup orang yang terlatih seperti ini akan selalu damai dan dijauhi kekhawatiran. Ketrampilan ini tentu jelas sangat bermanfaat di era modern ini. Oleh karena itu, mari luangkanlah waktu kita untuk melatih ketrampilan yang sangat bernilai ini.

Dibaca : 3964 kali