x

Hut Ke-28 Sīmā Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya

Khantī paramaṁ tapo tītikkhā 

”Kesabaran adalah tapa yang paling mulia”

    DOWNLOAD AUDIO

Hari ini usia Sīmā di Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya genap 28 tahun. Dalam usia ke-28 Sīmā ini kita mendapat tugas yang luhur untuk membangun fasilitas gedung 10 lantai yang sudah diawali pengurusan IMBnya sejak 2 tahun yang lalu. Lamanya usaha ini karena disebabkan pengurusan IMB gedung 10 lantai tidak mudah.
Sekarang ini dengan dana yang sudah terkumpul baru bisa menyelesaikan penanaman tiang pancang saja. Diperkirakan proses pembangunan ini akan membutuhkan waktu, karena itu kita perlu bersabar dan kerja keras sesuai dengan sabda Guru Agung kita, Buddha Gotama: khantī paramaṁ tapo tītikkhā, kesabaran disertai kerja keras adalah cara paling tepat menghadapi proses pembangunan yang lama. Apalagi kita juga masih harus mengumpulkan Dana Pembangunan yang tidak sedikit. Membangun Pusdiklat di BSD yang 3 lantai menghabiskan dana +/- 10 milyar. Maka diperkirakan paling tidak kita harus siap dengan dana 40 milyar lagi.
Khantī dalam ajaran Buddha bukan hanya sabar menunggu, tetapi sabar dengan kerja keras, giat bekerja dan juga tahan banting, jadi harus Khantī – Adivasesa, mental tahan banting dan penuh kesabaran. Bilamana di kemudian hari bangunan ini bisa selesai dibangun maka semua orang yang ikut partisipasi akan memperoleh kebajikan yang luhur dan tahan lama.
Dhamma menyatakan: ”Aggasmiṁ dānaṁ dadataṁ, aggaṁ puññaṁ pavaḍḍhati, aggaṁ āyu ca vaṇṇo ca, yaso kitti sukhaṁ balaṁ.”
Bilamana berdana dengan tulus maka akan mendapatkan umur panjang, paras bagus, kesehatan yang prima, kemasyuran dan penghormatan serta kebahagiaan dan kekuatan.
Selamat HUT Ke-28 Sīmā Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya, semoga Tiratana memberkahi kita semua.

Sabbe sattā bhavantu sukhitattā
Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Dibaca : 2631 kali