x

Peresmian Sekolah Asoka, Singkawang, Kalimantan Barat

Minggu 7 Juli 2019, para undangan menghadiri peresmian gedung sekolah SMP – SMA – SMK Asoka.

Sekolah  Asoka dibangun megah 3 tingkat di atas tanah seluas 3,3 Hektar dengan luas gedung 3.600 M2 yang didirikan oleh Albert Salim dan Ibu Lilian Halim, yang beralamat  di Jalan Salatiga, Kel. Sijangkung, Kec.  Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama RI, Caliadi yang didampingi oleh Pembimas Buddha dan Kasi Bimas Buddha Kalimantan Barat, Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Pimpinan Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Guttadhammo beserta rombongan, dan Ibu Lilian Halim beserta rombongan.

Dalam sambutannya Bhikkhu Thitayanno menjelaskan bahwa pembangunan Sekolah Asoka ini bersifat sosial yang mempunyai tujuan menciptakan Sumber Daya Manusia yang Cendekia, Berbudi Luhur, dan Berkualitas Prima. Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia, Caliadi  dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menyambut baik peresmian Sekolah Asoka ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Guttadhammo menyampaikan sambutannya dan menyampaikan bahwa saat ini umat lebih mudah menyokong pembangunan Vihara daripada membangun sekolah. Karena membangun sekolah sangat memerlukan keterlibatan banyak pihak seperti siswa, orangtua, guru, dan perlu metode pembelajaran yang sangat efektif agar bisa mencapai hasil yang efektif.

Beliau juga menjelaskan bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya diukur dari kecerdasan intelektual tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan emosional. Beliau juga mencontohkan metode pembelajaran di luar negeri untuk pelajar tingkat sekolah dasar para guru lebih mementingkan bagaimana siswa dapat menerapkan budaya mengantre daripada pandai berhitung.

“Saya berkeyakinan dengan adanya sekolah Asoka ini, maka akan mampu menghadirkan manusia yang berkualitas yang  mempunyai karakter yang positif, cendekia, dan berbudi luhur.”

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie juga menyampaikan apresiasi terhadap berdirinya sekolah Asoka dan diharapkan bisa menampung siswa-siswi yang berdomisili di kecamatan Singkawang Selatan. Selain menyampaikan sambutan Walikota juga berkesempatan untuk meresmikan sekolah tersebut.

Di penghujung acara, Ibu Lilian Halim menyampaikan bahwa pembangunan gedung baru Sekolah Asoka dapat diselesaikan satu tahun lebih. Beliau berpesan untuk para donatur yang lain bisa membantu dalam hal sarana dan prasarana agar Sekolah Asoka tetap berjalan dengan baik.

Beliau mendedikasikan dana pembangunan gedung tersebut untuk mendiang mertua tercinta Sudono Salim dan Ibu. Melalui yayasan Bahussuta, kami merasa bangga bisa turut membantu pendidikan di Kota Singkawang.

Sumber: BuddhaZine.com

Dibaca : 2127 kali