x

Kehidupan Yang Harmonis, Harapan Ribuan Umat Buddha Di Vihara Mendut Untuk Presiden

Minggu (20/10), pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019 – 2024 dilantik. Ir. Joko Widodo dan Kyai Haji Ma’aruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Di hari yang sama, di Vihara Mendut, Kota Mungkid, Magelang, ribuan umat Buddha berkumpul dalam acara Sangha Dana, perayaan Kathina. Acara dihadiri oleh 11 bhikkhu dan samanera, Bhikkhu Sri Pannyavaro mengajak umat Buddha untuk berdoa dan membacakan paritta agar pelantikan dapat berjalan dengan lancar.

”Saudara-saudara, hari ini akan berlangsung pelantikan kepala negara kita. Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa lima tahun yang akan datang, Bapak Insinyur Joko Widodo dan Prof. Dr. Kiyai Haji Ma’aruf Amin. Tentu para bhikkhu dan umat Buddha melakukan pattana, berdoa agar kepala negara bisa memimpin masyarakat, bangsa, dan negara ini,” tutur Bhante Sri Pannyavaro.

Bhante Pannyavaro berharap Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang dilantik dapat membawa kemajuan bagi bangsa. “Kita semua berharap, semoga Bapak Ir. Joko Widodo dan Prof. Dr. Kiyai Ma’aruf Amin bisa membawa Indonesia ini menuju kesejahteraan, kemakmuran, kehidupan masyarakat yang damai, dan harmonis.

“Saya mohon, kepada semua umat Buddha bersikap anjali, dan para bhikkhu bersama kami membacakan paritta manggala (keberuntungan/berkah) untuk kepala negara kita, presiden kita dan wakil presiden kita,” ajak bhante.

Pembacaan paritta manggala dilakukan oleh para bhikkhu yang dipimpin langsung oleh Bhante Sri Pannyavaro. Ribuan umat Buddha yang hadir bersikap anjali dan menundukkan kepala sembari merenungkan makna lantunan paritta-paritta suci yang dibacakan oleh para bhikkhu.


Sumber: Buddhazine.com

Dibaca : 444 kali