x

Perayaan Sanghadana Di SMK Negeri 1 Tanjung, Lombok Utara

Pada Jumat (15/11) pukul 07.30 WITA di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung, Karang Sobor, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB, siswa-siswi yang beragama Buddha, tergabung dalam organisasi Pemuda Pemudi Buddhis SMK Negeri 1 Tanjung dengan jumlah 130 siswa, menyelenggarakan perayaan Kathina.

Kegiatan Sanghadana tersebut dihadiri oleh Bhikkhu Sacchadhammo dengan didampingi dua samanera dari STAB Kertarajasa Batu, Malang. Bhikkhu Sacchadhammo menyampaikan Dhammadesana tentang makna Kathina yang merupakan hari raya bagi umat buddha.

Kathina merupakan kesempatan yang baik bagi umat Buddha, karena pada saat Kathina umat Buddha berkesempatan memberikan persembahan dana kepada Sangha berupa empat kebutuhan pokok para bhikkhu (catupaccaya). Dana kepada Sangha oleh umat Buddha tersebut ibarat menanam benih di ladang yang subur yang pastinya akan memberi manfaat yang luar biasa bagi pemberi dana.

Pada kesempatan tersebut Bhikkhu Saccadhammo juga menyampaikan tentang harta sejati, harta yang tidak akan pernah bisa hilang atau dicuri oleh siapa pun. Dalam perayaan tersebut, para siswa didampingi oleh guru pembina agama Buddha SMK Negeri 1 Tanjung yaitu Ibu Sri Suryaningsih dan Bapak Alianto serta dihadiri oleh Wakil Kepala Kurikulum, I Nyoman Sudharma beserta para guru beragama Buddha di SMK Negeri 1 Tanjung.

Sumber: Buddhazine.com

Dibaca : 456 kali