x

Meditasi Terbukti Meningkatkan Kinerja Otak

Semakin bertambah usia, kemampuan otak semakin menurun. Namun, kini ditemukan cara untuk memperlambat kerusakan otak, yakni dengan menenangkan pikiran dari segala hal alias meditasi selamat tiga menit setiap harinya.

Peneliti dari University of California, AS meneliti jaringan otak orang tua dan muda. Didapatkan data yang tak mengejutkan bahwa jaringan otak pada orang tua lebih banyak yang rusak dibandingkan anak muda. Namun, proses kerusakan ini ternyata terjadi dimulai pada pertengahan usia 20-an yang pada akhirnya bisa membuat kehilangan ingatan alias pikun.

Namun, mereka yang rutin melakukan meditasi bisa memperlambat buruknya kemampuan otak. “Meditasi itu seperti memberikan otak latihan olahraga,” terang penulis studi Florian Kurth, seperti dilansir Men’s Health.

Lewat meditasi dapat membantu otak terus tumbuh meski usia bertambah. Dampak meditasi yang bisa mengurangi stres pun diprediksi peneliti turut berdampak terhadap kesehatan otak. Aktivitas ini, sebaiknya dilakukan oleh mereka yang sering melakukan beragam aktivitas dalam waktu bersamaan. Karena meditasi mampu melatih kesabaran dan ketenangan jiwa.

“Coba untuk berlatih meditasi setiap hari. Setelah 4-6 minggu, Anda akan merasakan perbedaan kinerja otak,” terang Florian. 

Sumber: BuddhaZine.com / Liputan6.com

Dibaca : 949 kali