x

Menag Resmikan Wisma Narada Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta

Jakarta (Kemenag)---Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Gedung Narada Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta, di bilangan Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara, Minggu (11/02). Peresmian Gedung  Wisma Narada Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta tersebut ditandai dengan penguntingan pita oleh Menag Lukman Hakim didampinggi Kepala Sangha Theravada Indonesia, Bhikkhu Sri Panyavaro Mahathera, Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia, Subhapanno Mahathera dan Ketua Yayasan Dhammacakka Jakarta, Sukhemo Mahathera.

Dalam sambutannya Menag mengaku bersyukur atas kemandirian yang dimiliki umat Buddha dalam memenuhi sarana dan prasarana keagamaan seperti tempat pembinaan umat di Wisma Narada Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta ini.

“Tersedianya tempat pembinaan umat yang baik ini sudah tentu dapat menjadi barometer, bahwa kembaga keagamaan Buddha telah memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa. Saya berharap kepada umat Buddha untuk menjadikan tempat yang baik ini sebagai wahana dalam membina diri, sebagaimana ajaran Buddha yang berlandasakan cinta kasih, kasih sayang dan kebijaksanaan,“ kata Menag Lukman Hakim.

Menag berpesan kepada umat Buddha untuk mengembangkan sikap keagamaan dengan paradigma humanis dan moderasi. Agamawan atau masyarakat awam yang moderat akan cenderung santun dan seimbang.

“Santun dalam menjalankan agamanya dan interaksi sosial. Seimbang dalam memenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosial serta dalam berhubungan dengan Tuhan. Sikap yang moderat akan menjunjung keadilan dan kearifan dalam bertindak, tidak mudah terhasut, marah, menuduh atau memaksa,“ ujar Menag.

Menurut Menag, dalam konteks membangun kondisi seperti itu, agama sesunguhnya merupakan modal sosial yang sangat berarti, sebab agama jelas mengajarkan moderasi.

“Dengan menjadikan agama sebagai landasan dalam kehidupan, maka hidup kita akan menjadi lebih terarah,” imbuh Menag.

Usai meresmikan Wisma  Narada Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta yang ditandai dengan penguntingan pita merah, Menag Lukman menandatangani prasasti Wisma Narada dan dilanjutkan menyerahkan jubah kepada para Bhikkhu. Dalam kesempatan tersebut Menag juga menyerahkan buku LHS Memimpin Kementerian Agama kepada para Bhikkhu.

Tampak hadir dalam peresmian, Dirjen Binmas Buddha Kemenag RI, sejumlah duta besar negara sahabat, Kepala Vihara Dhammacakka Jakarta, keluarga besar Anton Haliman dan tokoh lintas agama.Vihara Dhammacakka Jaya Jakarta berdiri pada tahaun 1985. 

Viharaini merupakan vihara Theravada pertama di Indonesia yang memiliki Uposatghara atau tempat dilaksanakannya aktivitas Sangha termasuk pentahbisan Bhikkhu.

Vihara yang berdiri megah dengan 9 lantai bangunan ini tidak sekadar menjadi tempat pentahbisan para Bhikkhu melainkan juga tempat digelarnya seminar Buddhis dan sarana pendidikan bagi umat Buddhis Indonesia khususnya mazhab Theravada.  

Sumber: https://kemenag.go.id/berita/read/506852/menag-resmikan-wisma-narada-vihara-dhammacakka-jaya-jakarta

Dibaca : 2514 kali