x

Keluarga Buddhis Theravada Bersama Lima Vihara Surabaya Rayakan Hari Waisak

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Keluarga Besar Theravada Indonesia (KBTI) bersama lima Vihara di Surabaya merayakan acara perayaan hari Waisak untuk tahun ini dengan Tema "mencintai Kehidupan Berbudaya Penjaga Persatuan, " acara diselenggarakan di Gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, pada Hari Minggu (26/5/2019).

Meskipun Hari Raya Trisuci Waisak 2563 TB / 2019 sudah dirayakan oleh umat Buddha diseluruh penjuru dunia pada Minggu 19 Mei 2019 yang lalu, Namun Hari Raya Trisuci Waisak ini akan terus bergaung setidaknya sampai dengan Minggu, 26 Mei 2019.

"Dalam kondisi negara kita yang seperti ini, kita dihimbau kepada seluruh masyarakat walaupun kita berbeda, walaupun kita tidak sama, tetapi kita tetap saling menjaga, saling menghormati satu dengan yang lain. Walaupun kita berbeda keyakinan, berbeda kulit, kita tetap sama yaitu satu bangsa Indonesia," ujar YM Bhante Sukitho Mahathera selaku Bhiku Ketua Pembina Wilayah Jawa Timur.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan semangat Waisak, pihaknya berharap masyarakat agar selalu bersatu padu walaupun berbeda dalam segala hal. Saling menghormati dalam suasana berbeda.

Perayaan Waisak kali ini juga dianggap sangat spesial bagi umat Budha di Surabaya. Pasalnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa turut serta hadir dalam perayaan diawal kepemimpinannya.

"Perayaan Waisak di tahun ini sangat berbeda sekali, karena tahun ini Ibu Gubernur Khofifah bisa hadir bersama-sama umat Budha di Jawa Timur yang diselenggarakan di Surabaya," ucapnya.

Acara perayaan dihadiri oleh Kepala Sangha Theravada, Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, serta berbagai elemen agama Buddha baik dari mazhab Theraveda maupun lainnya serta tokoh lintas agama.

Sumber: www.suarajatimpost.com

Dibaca : 5741 kali