x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 26 Mei 2019
    MENGHORMAT ORANGTUA -
    Tertuang di dalam Maṅgala Sutta terdapat 38 berkah salah satunya adalah Garavo yang artinya rasa hormat, yang merupakan berkah apabila mampu diterapkan dalam kehidupan sosial. Rasa hormat atau menghargai di sini berarti kepada mereka yang patut dihargai dan dihormati seperti orang-orang atau obyek-obyek penghormatan seperti halnya tiga permata Buddha, Dhamma, dan Saṅgha. Aṅguttara Nikāya, Dutiyakhata Sutta 4.4 menyebutkan, “mātari pitari cāpi, yo sammā paṭipajjati, tathāgate vā sambuddhe, atha vā tassa sāvake, bahuñca so pasavati, puññaṁ etādiso naro” yang berarti “seorang yang berperilaku baik terhadap ibu dan ayahnya, terhadap Sang Tathāgata yang tercerahkan, atau terhadap siswa-Nya, menghasilkan banyak jasa”.

    Bhikkhu Indasilo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 19 Mei 2019
    MEMBANGUN BUDAYA POSITIF DENGAN DHAMMA -
    Hari Trisuci Waisak memiliki arti penting bagi umat Buddha yang tinggal di banyak negara di dunia, yaitu memperingati tiga peristiwa agung Kelahiran Siddhattha Gotama, calon Buddha, pada tahun 623 SM, di Taman Lumbini, Kapilavatthu, Nepal.

    Bhikkhu Upasanto,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 12 Mei 2019
    TIGA TIPE MANUSIA SEPERTI PASIEN -
    Sebagai manusia pada umumnya menjalani hidup dengan usaha yang tentu saja berharap selalu bisa baik dan sukses serta bahagia. Akan tetapi sesuai dengan tipenya, masing-masing manusia beda-beda dalam hal tertentu. Dalam penggolongannya juga ada perumpamaan yang memang bisa sesuai.

    Bhikkhu Cittagutto,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 05 Mei 2019
    TERCENGKRAM DENGAN KEMALASAN -
    Kemalasan merupakan salah satu musuh utama manusia dalam memulai aktivitas, baik dalam bekerja maupun dalam melakukan kebaikan. Rasa malas ini seringkali datang dengan tiba-tiba, kadang kala kegiatan ataupun aktivitas yang sudah disiapkan dengan jauh-jauh hari bisa jadi tertunda, bisa jadi tidak terlaksana karena dihalangi dengan yang namanya rasa malas, sehingga apa yang sudah diharapkan dan apa saja yang sudah dicita-citakan tidak bisa dicapai ataupun tidak bisa diperoleh.

    Bhikkhu Atthaseno,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip