x

Atthasila

Pertanyaan:

Selamat malam, saya mau bertanya apakah kita tidak boleh melakukan kegiatan kita sprt kerja dikantor saat menjalankan atthasila di hari Uposatha atau seharian harus meninggalkan hal keduniawian sama sekali. Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.

Linda, Batam

Jawaban:

Kepada Yth. Linda di Batam,


Pada dasarnya kegiatan Atthasila adalah latihan untuk mengontrol ego. Hal ini tidaklah masalah ketika dilakukan dalam hidup bermasyarakat. Sambil berlatih, Anda juga bisa langsung mempraktikkannya di lingkungan. 

Demikian dan semoga berbahagia.

Salam Metta.

Pertanyaan

Pertanyaan:

Bagaimana kita bisa menghilangkan rasa jenuh..bosan..utk berpikir saja sdah tdk ada tujuan ...apa yg mw di cri dlm hdup ini..merasa sendiri..terpurukk..merasa di sekitar sdah tdk ada ygmenyayangi saya..dan merasa hidup yg tertekan..tdk bebas ..bnyk beban yg selama ini says pikul dan pendam ..mohon bisa d jwb utk semua ini ..terima kasih ..sadhu sadhu sadhu

Delia, Jambi

Jawaban:

Kepada Yth. Delia di Jambi,


Saudara apa yang Anda alami saat ini adalah wajar. Setiap insan manusia tak terkecuali Bhikkhu pun bisa merasakan hal yang sama, seperti bosan.

Untuk mengatasi rasa ini, cobalah melakukan hal-hal lain yang belum pernah dilakukan. Misalnya Anda bisa menjadi relawan Bakti Sosial. Dengan bergabung di komunitas yang baik, maka Anda akan merasakan aura yang positif dan semangat pula.

Demikian dan semoga berbahagia.

Salam Metta. 

Mama Yg Sakit Cancer

Pertanyaan:

selamat malam mama lg sakit kanker paru paru.. sebagai anak untuk membantu kesembuhan mama..harus baca parita apa untuk memuja Budha Sakyamuni tetapi di rumah saya tidak ada altar

Ayen, Rantau Prapat

Jawaban:

Kepada Yth. Ayen di Rantau Prapat,


Kami turut bersimpati atas kesehatan Ibu Anda. Cobalah membaca Tisarana, Karaniya Metta Sutta dan Bojjhanga Sutta yang ada di dalam buku Paritta Suci.
Bacalah sambil memancarkan cinta kasih untuk kesembuhan Ibu.

Demikian dan semoga jasa kebajikan Anda membuahkan kesembuhan untuk Ibu Anda.

Salam Metta.

Cara Melepaskan Kemelekatan ( Selalu Ingin Yg Terbaik)

Pertanyaan:

Maaf sebelumnya kalau saya tidak bisa menbuat tulisan padat dan jelas, emosi pikiran dan kehidupan saya sedang dalam cobaan. Nasib buruk sedang menyinggahi saya ( saya didiagnosa leukemia ganas) sejak 20nov 2017. Setelah tau sakit saya baru sadar, kehidupan perlu keselarasan, keseimbangan . Apa yg perlu saya lakukan untuk meringankan beban/ karma buruk saya dimasa sekarang dan lalu. Saya mohon petunjuk nya Bhikkhu Sangha yang arif. Semoga semua makluk berbahagia

Yenny Zhuang, Pematang Siantar

Jawaban:

Kepada Yth. Yenny Zhuang di Pematang Siantar,


Saudari kami turut bersimpati atas kesehatan Anda. Namun yakinlah bahwa Anda akan membaik. 

Apa yang Anda pikirkan tentang Keselarasan Hidup adalah benar. Cobalah Anda menyempatkan waktu untuk mengikuti kegiatan meditasi Vipassana. Silahkan buka tautan ini https://www.dhamma.org/id/schedules/schjava

Demikian dan semoga kesehatan Anda segera membaik.

Salam Metta.

Tentang Meditasi

Pertanyaan:

Saya Ingin Menanyakan Bagaimana Cara Bermeditasi Tanpa Takut Akan Munculnya/Terbukanya Indera Ke 3 Yg di yakin bisa melihat hal yg Buruk .

Ameng Limzz, Singapura

Jawaban:

Kepada Yth. Ameng Limzz di Singapura,


Saudara cobalah bermeditasi dengan mengikuti aliran nafas masuk dan keluar. Tatkala ada hal atau sensasi yang dirasa mencemaskan, berusahalah kembali ke nafas masuk dan keluar.

Lakukanlah hal ini secara konsisten dan bertahap. Cobalah dalam durasi 2 menit, dan ditingkatkan menjadi 5 menit dan 10 menit apabila Anda dapat berkonsentrasi dengan baik.

Demikian dan semoga berbahagia.

Salam Metta.

Mata Batin Atau Mata Dewa

Pertanyaan:

Namo amithofo Sy ingin bertanya kepada bhante Bagaimana caranya membuka mata batin(mata dewa) sendiri? Xie xie amithofo

Wempi, Mks

Jawaban:

Kepada Yth. Wempi di Mks,


Mohon maaf bahwa mengenai hal yang Anda sebutkan kami tidak memiliki kemampuan tersebut. Namun, di dalam ajaran Buddha diajarkan untuk terus memupuk kesadaran dan terus melakukan kebajikan dalam kehidupan. 

Tatkala hal ini terus dilakukan maka Kebijaksanaan Hidup akan diperoleh. Hal inilah yang dapat dipergunakan dalam menjalani hidup, melihat segala kondisi demikian adanya--tanpa nafsu kemelekatan.

Demikian dan semoga berbahagia.

Salam Metta.

Kepada Sangha Thevada

Pertanyaan:

Judul: Acara gema waisak Kepada yth sangha thevada Dengan hormat, Sehubungan.Dengan kegiatan dari sangha thevada yAitu acara gema waisak yAitu acara pindapata saya ingin menjadi volunteer acara gema waisak apa bila saya ingin menjadi volunteer kira apa bisa .tolong kitanya kebijaksanan dari sangha thevada agar saya dapat menjadi volunteer acara demikian surat ini saya buat atas perhatiannya dan kerja sama saya ucapkan terima kasih Hormat saya

Subhawa, Jakarta

Jawaban:

Kepada Yth. Subhawa di Jakarta,


Saudara anumodana dan terima kasih atas niat baik Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan Gema Waisak. 
Anda bisa menghubungi Sekretariat Vihara di (021) 6471.6739.

Demikian dan semoga atas jasa kebaikan yang telah dilakukan membuahkan kebahagiaan.

Salam Metta.


Rumah Tangga

Pertanyaan:

Namo buddhaya. Saya sedang mengalami permasalahan rumah tangga. Adanya sesuatuhal yang di tutupi oleh istri saya. Setelah saya renungkan dalam ajaran buddha bahwa kemarahan dan kemurkaan adalah sesuatu hal yang tidak baik dan tidak ada gunanya. Lalu saya berfikir bahwa masalah tersebut adalah bagian dari karmua buruk saya dan saya harus menerimanya dengan lapang dada. Pertanyaan saya Apakah sikap ini adalah sikap yang benar dan apa hal yang hatus saya lakukan kedepannya? Terimakasih Namo buddhaya

Ricky Fadjar Adiputra, Jakarta Barat

Jawaban:

Kepada Yth. Ricky Fadjar Adiputra di Jakarta Barat,


Saudara apa yang Anda alami ini adalah kerikil dalam hidup rumah tangga. Maka yakinlah bahwa hal ini akan berlalu dan menjadi baik adanya.
Sikap yang Anda lakukan adalah baik--adanya kesadaran bahwa kemarahan adalah tindakan yang acapkali justru menimbulkan masalah baru.

Dalam hal ini Anda bisa meminta bantuan kepada pihak ketiga, misalnya orangtua ataupun saudara/teman dari pihak istri Anda. Kemungkinan istri Anda ragu atau takut ketika berbicara langsung. Namun dengan bantuan pihak lain dimungkinkan ia akan lebih leluasa untuk bercerita.

Demikian dan semoga Anda sekeluarga harmonis dan bahagia.

Salam Metta.

Jodoh

Pertanyaan:

karma apa yah kok sampe umur 36 blm dpt perempuan dr lhr blm prnh merasakan pacaran karma yg membuat susah dpt cewe

Indra, Jakarta

Jawaban:

Kepada Yth. Indra di Jakarta,


Apabila seseorang ingin memperoleh pasangan hidup, maka hendaknya aktif dalam komunitas. Carilah komunitas yang sesuai dengan hobi Anda, misalnya fotografi, dsb.

Demikian dan semoga segera mendapatkan pasangan yang diharapkan.

Salam Metta.

Ingin Memeluk Agama Budha

Pertanyaan:

Selamat pagi.. Saya remon zamora Saya ingin sekali memeluk agama Budha Tapi sedikitpun saya belum tahu caranya. Saya mohon minta bimbinganya. Terima kasih

Remon Zamora, Jakarta Selatan

Jawaban:

Kepada Yth. Remon Zamora di Jakarta Selatan,


Seseorang yang yakin kepada ajaran Sang Buddha akan sangat baik apabila ia memperbanyak perbuatan baiknya. Dimulai dari hal yang sederhana, seperti tidak membuang sampah pada tempatnya ataupun memberikan perhatian kepada pengemis di jalan sesuai kemampuan.
Apabila perbuatan-perbuatan baik terus dilakukan, maka batin dan pikiran akan tenang.
Inilah inti dari ajaran Buddha. 

Namun, apabila Anda ingin divisudhi (ditahbiskan) sebagai umat Buddha-dalam hal ritual, Anda bisa menghubungi Sekretariat Vihara di (021) 6471.6739 untuk dapat bertemu Bhikkhu. Kemudian Bhikkhu akan menuntun Anda mendapatkan Sila (pedoman hidup).

Demikian dan semoga Anda berbahagia.

Salam Metta.