x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 19 Februari 2017
    K E B A J I K A N -
    Ada hal yang disebut sebagai sarana dan hal yang disebut sebagai tujuan. Apa yang dimaksud dengan sarana dan tujuan? Sarana adalah alat yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, sedangkan tujuan adalah sasaran yang ingin dicapai. Contoh: Setiap Minggu, umat Buddha pergi ke vihāra dengan kendaraan. Vihāra adalah tujuan dan kendaraan sebagai sarananya. Contoh lain: Ada orang ingin sehat (sebagai tujuan), untuk menjadi sehat dia harus punya uang (sebagai sarana) agar bisa berobat ke dokter, beli obat atau vitamin untuk diminum supaya sehat.

    Bhikkhu Adhijayo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 12 Februari 2017
    MāGHA PūJā 2560/2017 -
    Māgha merupakan salah satu nama bulan dalam penanggalan di India kuno. Biasanya bulan Māgha ini jatuh antara bulan Februari dan Maret. Māgha pūjā berarti pūjā/ peringatan yang berhubungan dengan bulan Māgha. Māgha pūjā yang kita peringati ini terjadi sembilan bulan setelah Pangeran Siddhartha mencapai penerangan sempurna di bulan Waisak.

    Bhikkhu Sukhemo, Mahāthera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 05 Februari 2017
    PENCARIAN MULIA -
    Dalam kehidupan ini banyak orang meributkan hal-hal keduniawian. Apakah itu berupa berebut kekuasaan, berebut kepercayaan, berebut harta, dan lain-lain. Kalau kita lihat secara kacamata umum, memang hal tersebut sangat penting dan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi apakah kita harus sampai terpecah belah dengan keluarga, saudara, dan lain sebagainya? Tentu tidak perlu demikian, karena itu bukanlah yang diharapkan juga oleh setiap orang. Kalau kita memahami bahwa kerukunan dan kesatuan adalah hal yang paling berharga dalam hidup, pasti kita tidak akan mengkondisikan hal-hal yang membawa pada perselisihan dan berusaha menahan diri.

    Bhikkhu Piyaratano,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 29 Januari 2017
    BAHAGIA SETIAP WAKTU -
    Tak terasa tahun 2016 telah kita lewati bersama dengan penuh perjuangan. Berbagai fenomena telah kita lewati, baik fenomena yang membahagiakan maupun tidak membahagiakan, menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Kini kita memasuki awal tahun baru 2017. Mari kita jalani dengan terus berpedoman pada Dhamma Ajaran Sang Buddha agar kita senantiasa hidup penuh kedamaian dan kebahagiaan.

    Bhikkhu Cattapiyo,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip

Video

Arsip

Artikel

Arsip

Majalah Dhammacakka

    • Edisi #85 Magha Puja 2017

      Edisi #85 Magha Puja 2017


      Daftar isi:

      - Agama itu Madu atau Racun?
      - Dhammadesana: Menjadi Umat Buddha (oleh Bhante Sri Pannavaro, MT)
      - Liputan: 40 Tahun STI
      - Cerpen: Pelangi di Bentala Timor (oleh Bhante Atthapiyo)
      - Galeri Foto: Soft Opening Gedung Narada