Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Senin, 07 Juli 2014
    MENJAGA EKSISTENSI AGAMA BUDDHA MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA -
    Setelah beberapa ratus tahun kekosongan agama Buddha di Indonesia, agama Buddha mulai bangkit kembali di pulau Jawa dengan datangnya Bhikkhu Narada Thera dari Sri Lanka. Kemudian agama Buddha mengalami kebangkitan kembali pasca kemerdekaan dengan penyebaran Dhamma yang dilakukan oleh para rohaniawan Buddhis yang mengabdikan diri pada Buddha Dhamma. Perkembangan agama Buddha tidak terlepas dari peranan masyarakat pada umumnya dan masyarakat Buddhis pada khususnya.

    Bhikkhu Indadharo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 29 Juni 2014
    DAMPAK KAMMA BAIK DAN BURUK BAGI SI PELAKU SENDIRI -
    Dalam Dhamma, kita sebagai umat Buddha diajarkan bahwa siapa pun yang melakukan tindakan atau pun perbuatan, maka dialah yang akan menerima buah/hasil/akibat dari perbuatannya itu. Dan, apa pun yang kita perbuat itu, baik atau pun buruk, itu pulalah yang akan kita terima sebagai buah atau hasil atau akibatnya.

    Bhikkhu Cittagutto Thera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 22 Juni 2014
    MENGENAL TRADISI PEH CUN -
    Dalam budaya masyarakat Tionghoa, ada lima festival besar yang dirayakan dengan begitu sukacita dan meriah. Adapun lima festival itu adalah: 1. Festival Musim Semi (Imlek) yang jatuh pada tanggal 1 bulan 1 (Cia Gwee) penanggalan Imlek; 2. Festival Ceng Beng, jatuh setiap tanggal 5 April menurut penanggalan Masehi; 3. Festival Musim Panas, jatuh setiap tanggal 5 bulan 5 (Go Gwee) menurut penanggalan Imlek; 4. Festival Musim Gugur, jatuh setiap tanggal 15 bulan 8 (Pe Gwee) menurut penanggalan Imlek; 5. Festival Musim Dingin, jatuh setiap tanggal 22 Desember menurut penanggalan Masehi.

    Bhikkhu Phaladhammo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 15 Juni 2014
    MENABUR BENIH KEBAIKAN -
    Buddha adalah sesosok guru agama yang sangat aktif dan energik, selain juga cerdas dan bijaksana. Beliau menganjurkan orang-orang untuk menggunakan keahlian dan pengetahuan mereka dalam kehidupan mereka sehari-hari. Seorang umat Buddha tidak seharusnya menjadi malas dan seenaknya serta menyalahkan agama Buddha untuk segala kegagalannya. Buddha mengajarkan kepada kita bahwa setiap dari kita bertanggung jawab terhadap tindakan kita sendiri, dan setiap dari kita mampu menentukan nasib kita sendiri. Kita sepantasnya mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum melakukan kejahatan apapun, dan sebaliknya berusaha melakukan kebajikan setiap saat.

    Bhikkhu Khemadharo,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip