x

S I M A

24 AGUSTUS 1985 - 24 AGUSTUS 2020
Sima adalah kata yang berasal dari Bahasa Pali yang artinya "Batas"


    DOWNLOAD AUDIO

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhassa

Para bhikkhu dalam suatu vihara mempunyai tempat berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Sangha yang disebut "Sanghakamma". Tempat untuk berkumpul para bhikkhu tersebut dinamakan "Uposathagara". Uposathagara tersebut tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh terlalu besar. Uposathagara harus dapat menampung minimal 21 bhikkhu agar supaya Sangha dapat melaksanakan kegiatan yang disebut "abbhana", yaitu upacara pembebasan seorang bhikkhu yang melanggar peraturan Sanghadisesa, telah menjalankan dan menyelesaikan hukuman kemudian diampuni oleh Sangha yang terdiri dari minimal 20 bhikkhu.

Uposathagara harus ditentukan "sima"nya, yaitu batas-batasnya. Pada tanggal 24 Agustus 1985 dengan dipimpin oleh Yang Mulia Somdet Phra Nyanasamvara, kepala vihara Wat Bovoranives, Bangkok, Thailand, sejumlah bhikkhu dari Thailand dan Indonesia mengadakan upacara penentuan "sima". Sehari sebelumnya diadakan upacara "pembatalan sima" di tempat tersebut karena ada kemungkinan pada waktu yang lalu di tempat itu pernah ada "sima".

Sanghakamma atau kegiatan Sangha yang dilaksanakan di uposathagara antara lain:

  1. Upacara Uposatha
  2. Upacara Pavarana
  3. Upacara penahbisan bhikkhu

Upacara Uposatha
Tiap bulan gelap dan bulan purnama dalam satu bulan, apabila ada minimal empat bhikkhu dalam uposathaghara, maka diadakan pengulangan 227 peraturan vinaya bhikkhu.

Upacara Pavarana
Pada akhir masa vassa diadakan Upacara Pavarana yang dihadiri oleh minimal 5 bhikkhu. Tidak ada pengulangan 227 peraturan bhikkhu. Tiap bhikkhu dimulai dari yang paling senior "mengundang (pavarana)" Sangha untuk memberitahukan kesalahan yang mungkin ia lakukan melalui badan, ucapan, pikiran dengan sengaja atau tanpa sengaja.

Upacara penahbisan bhikkhu (upasampada)
Sejak akhir tahun 1985 penahbisan bhikkhu (upasampada) tidak dilakukan di Wat Bovoranives, Bangkok, Thailand, tetapi dilakukan di Uposathagara Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya. Untuk pertama kalinya ditahbiskan 3 (tiga) bhikkhu, yaitu:

  1. Bhikkhu Gandhako
  2. Bhikkhu Jagaro
  3. Bhikkhu Khantidharo

Dirgahayu Sima VJDJ !

Dibaca : 609 kali