x

HUT Magabudhi | MENGABDI DENGAN RENDAH HATI

Dalam rangka merayakan HUT Magabudhi, Y.M. Sri Paññavaro Mahāthera, Saṅghapamokkha Saṅgha Theravāda Indonesia, menyampaikan wejangan kepada seluruh anggota Magabudhi demi perkembangan organisasi. Beliau menyampaikan bahwa ada tujuh hal kekayaan yang harus dikembangkan bagi seluruh anggota Magabudhi yang berperan sebagai pemuka agama Buddha dalam Keluarga Besar Theravāda Indonesia. 

Tujuh kekayaaan ini adalah keyakinan, moralitas, malu berbuat jahat, sadar akibat perbuatan jahat, kedermawanan, berpengetahuan dan bijaksana. Tujuh kekayaan ini adalah kekayaan spritual yang harus dikembangkan oleh anggota Magabudhi. 

Lebih dari itu, mengabdi kepada masyarakat dengan sikap rendah hati sangat penting dilakukan. Walaupun berpengetahuan, bersikap rendah hati  justru dapat memberikan keteladanan baik bagi masyarakat Buddhis. Selain itu, nasehat beliau adalah mengabdilah demi manfaat bagi orang banyak, dan bukan untuk diri sendiri seperti supaya mendapat materi. 

Nasehat-nasehat Saṅghapamokkha tidak hanya bermanfaat bagi anggota Magabudhi tetapi bagi siapapun, baik perumahtangga maupun para bhikkhu. Mari kita simak wejangan beliau dalam video ini.

Summer: Youtube BUDDHA DHAMMA INDONESIA