x

Pesan Vesak 2564/2020 Sekjen PBB Ajak Dunia Bersatu

New York, Amerika Serikat – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (5/5/2020) menyampaikan pesan Hari Vesak 2564 EB.

Dalam pesannya tersebut, Guterres mengajak masyarakat dunia khususnya Buddhis untuk bersatu dan melayani sesama di dalam menghadapi wabah penyakit COVID-19.

Berikut pesan Vesak 2564 EB/2020 dari Sekjen PBB António Guterres dalam pesan bernomor SG/SM/20073 yang bertanggal 5 Mei 2020.

Saya menyampaikan harapan yang hangat kepada semua yang merayakan Hari Vesak, peristiwa sakral bagi jutaan Buddhis di seluruh dunia.

Saat kita menghormati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sri Buddha, kita semua dapat terinspirasi oleh ajaranNya.

Dan saat keluarga manusia menderita dampak pandemi COVID-19, kita diingatkan tentang sutra: “Karena semua makhluk hidup adalah subjek dari penyakit, saya juga mengalami sakit.”

Pesan abadi persatuan dan pelayanan terhadap orang lain lebih penting daripada sebelumnya. Hanya bersama-sama kita akan menghentikan penyebaran virus corona dan menyembuhkannya.

Pada Hari Vesak, mari kita rayakan kebijaksanaan Sri Buddha dengan melakukan aksi untuk orang lain dengan belas kasih dan solidaritas, dan dengan memperbarui komitmen kita untuk membangun dunia yang damai.

_

Hari Vesak tahun ini menjadi Hari Vesak yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya setelah wabah COVID-19 menyebar di seluruh dunia. Berbagai kegiatan perayaan Hari Vesak yang biasanya dilakukan di luar rumah banyak yang dibatalkan atau ditunda. Puja bakti Vesak yang biasanya diadakan secara massal kini diselenggarakan secara online.

Sumber: Bhagavant.com

Dibaca : 255 kali