x

Profil Imee Ooi, Komponis Musik Buddhis

Tak perlu ditanya lagi, banyak orang yang sudah mengenal namanya. Karya-karyanya sangat menyentuh nurani sekaligus mendendangkan irama indah yang kental dengan nuansa Buddhis. Ialah Imee Ooi, wanita Tionghoa yang lahir di Taiping, Malaysia.

Imee Ooi lahir di keluarga musikal. Kakeknya adalah seorang penulis yang pindah dari Guangdong, Tiongkok ke Malaysia. Sedangkan ibunya adalah seorang guru piano sehingga Imee dan semua saudaranya mahir bermain piano. Bahkan Imee Ooi sendiri melanjutkan studi pianonya dan berhasil menjadi seorang pianis klasik.

Dalam berkarya, Imee Ooi selalu fokus pada lagu-lagu dengan sentuhan Buddhisme. Dia mengaransemen musik berdasarkan paritta, mantra maupun dharani Buddhis.

Mungkin karyanya yang paling fenomenal adalah Chant of Metta yang memiliki beberapa versi bahasa antara lain Pali, Inggris dan Mandarin.

Selain itu, dia juga sering membuat musik dalam bahasa Sansekerta dan Tibet. Hingga kini, sudah lebih dari 40 album yang dihasilkannya.

Selain itu, dia juga ahli dalam menyutradarai pertunjukkan musikal seperti yang terlihat pada tiga karya pertunjukkannya bertajuk Siddhartha, Above Full Moon, dan Putri Wen Cheng (aka. Jewel of Tibet).

Semangat dan konsistensinya dalam berkarya sambil menyebarkan Dharma patut diteladani oleh kita semua. Mari sebarkan dharma melalui berbagai cara!

Sumber: Buddhazine.com

Dibaca : 1852 kali